Workshop Blogpreneur Dinas PLUT UKM Kalbar , sobat blogger, pada hari sabtu tanggal 22 November 2014, Dinas PLUT Kalbar menggelar acara worshop tentang blog atau lebih tepatnya pelatihan blog bagi pemula yang khusus ditujukan kepada para pemilik usaha kecil menengah agar dalam melakukan upaya pemasaran bisa memanfaatkan tekhnologi internet khususnya media blog. Dalam kesempatan ini saya dipercaya sebagai salah satu pembicara untuk memberikan pelatihan Cara Mudah Membuat Blog Di Blogspot  mulai dari dasar hingga lanjutan.

Dokumentasi Foto kegiatan masih menunggu kiriman panitia


Acara yang dilaksanakan di Ruang BLC Telkom Pontianak ini juga dihadiri Kepala Dinas PLUT kalbar serta dosen Universitas Tanjung pura pontianak sebagai pemberi materi ecomerce, acara ini dihadiri oleh 25 peserta yang sebagaian besar merupakan pelaku usaha, sisanya adalah para mahasiswa dan umum, acara berlangsung dari pukul 9 pagi hingga jam 1 siang. Dalam pembahasan dasar blog disini admin lebih menekankan pada konsep dasar pengertian blog, fungsi, manfaat dan tujuan dari blog itu sendiri, hal ini sangat penting karena jika kita membuat blog tanpa mengetahui jelas tujuan pembuatannya maka blog yang kita buat akan terbuang percuma.

Blog dibuat bertujuan sebagai media promosi baik itu berupa tulisan maupun gambar, media promosi yang dimaksud disini adalah bisa berupa pemikiran sipenulis dalam bentuk penjelasan tentang ide, inspirasi maupun berupa promnosi sebuah produk atau layanan jasa, yang pada akhirnya akan mengarah tujuan utama blog sebagai media untuk menghasilkan sesuatu, misalnya pendapatan. Pendapatn lewat blog disini ada 2 jenis yaitu pendapatan secara pasuf dan aktif. Keduanya bisa kita dapat dengan syarat konsisten dengan tujuan awal blog tersebut kita buat.

Pelaksanaan workshop ini berjalan dengan lancar, namun kendala waktu yang terbatas membuat sebagain peserta memang belum maksimal dalam melakukan pembenahan blog mereka, menyikapi hal tersebut pihak panitia nantinya akan memfasilitasi pertemuan lanjutan yang akan membahas tingkat lanjut pengelolaan blog agar nantinya pada pertemuan resmi workshop kedua mereka sudah siap untuk pembahasan materi tingkat menengah yaitu pengenalan dasar tekhnik SEO.

Semoga nantinya dari Workshop Blogpreneur Dinas PLUT UKM Kalbar ini akan ada bibit-bibit baru dlam pelaku usaha di kota pontianak yang mampu melakukan usaha lewat bisnis online atau setidaknya mampu menghasilkan uang lewat blog yang mereka buat, entah itu lewat jasa, lomba maupun toko online