Bagaimana Cara Menghasilkan Uang lewat Blog ? . Sobat blogger, banyak yang bertanya kepada saya apakah bisa kita ngeblog dan mendapatkan uang lewat blog yang kita buat ? maka saya jawab BISA, ada beberapa cara untuk menghasilkan uang lewat blog secara pasif atau sampingan, tetapi tentunya tidak semudah kita membalikkan telapak tangan, ada banyak tahapan-tahapan yang harus kita lakukan sebelum blog yang kita buat bisa menghasilkan, disini saya akan berikan contoh cara mendapatkan uang lewat blog, diantaranya adalah dengan mengikuti lomba blog. Lomba blog terdiri dari 3 jenis yaitu :

  1. Lomba blog konten, disini yangt dinilai adalah faktor tulisan, jadi jika sobat mempunyai basic menulis carilah, ajang kompetisi lomba menulis blog, biasanya lomba ini diselenggarakan oleh dinas atau instansi tertentum atau bisa juga oleh perusahaan swasta.
  2. Lomba Blog Semi SEO , disni penilaian dibagi dua, berdasarkan penulisan dan skor di pencarian khususnya google.co.id, pada lomba ini, kita setidaknya harus mempunyai skill Dasar dalam seo karena penilaian seo dapat point juga tergantung dari peraturan yang di tetapkan oleh pihak panitia
  3. Lomba SEO , nah untuk lomba seo ini konten umumnya tidak dipandang sebagai penilaian, karena penilaian utama adalah peringkat soring di google, untuk kategori lomba seperti ini, sobat wajib memiliki kemampuan bermain yang cukup tinggi karena persaingan dalam lomba ini sangat berat dan butuh konsentrasi serta mampu membaca setiap peluang dan pergerakan peringkat yang ada.
Dari ketiga jenis lomba diatas yang paling besar hadiahnya adalah SEO penuh, hal ini wajar saja mengingat tingkat permaianan yang rumit dan disamping itu juga rawan terkena sanksi google khususnya pengguna blogspot, selain itu backlink sangat berpengaruh dalam upaya optimalisasi peringkat artikel sobat di mesin pencari.

Bagi pemula seperti saya ini ada baiknya sobat memulai dengan lomba-lomba penulisan atau minimal semi SEO, dengan mengikuti lomba blog setidaknya sobat akan mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan blog sobat agar sedapat mungkin bisa memenangkan lomba minimal masuk dalam 10 besar sebagai peserta dan pemenang, kemudian selain lomba apalagi yang bisa kita dapat melalui blog ? ada beberapa usaha atau upaya agar blog yang kita buat bisa menghasiulkan diantaranya :

  1. Menerima Jasa Review , untuk masalah ini diutamakan mereka yang menguasai penulisan khususnya tema-tema review sebuah produk, disamping itu blog sobat mesti mempunyai penampilan yang menarik bagi pengunjung, untuk review tertentu biasanya mereka melihat statistik sebuah blog, jadi buatlah blog semenarik mungkin agar ramai dikunjungi oleh pengguna internet khususnya bagi mereka yang membutuhkan informasi yang ada di blog sobat.
  2. Publiser PPC / Affliasi , publiser disini maksudnya adalah sobat menjadi member disalah satu layanan Paid Per Click (PPC) kemdian, kita memasang iklan dari pihak penyedia PPC tersebut di blog kita, point yang akan kita dapat adalah apabila ada pengunjung yang mengkliki iklan yang kita tayangkan di blog. Untuk masalah ini sama dengan usaha jasa review tadi, minimal blog sobat punya pengunjung yang ramai
  3.  Bisnis Online , nah buat mereka yang punya bisnis, bisa membuat sebuah toko online, dengan adanya blog toko online ini, sobat bisa memasarkan produk-produk sobat, baik itu produk sendiri maupun produk pihak ketiga melalui jalur affliasi
Dari sedikit penjelasan singkat diatas maka untuk mendapatkan uang melalui blog tidaklah sulit tetapi butuh kemampuan minimal menguasa dasar SEO, karena kunci dari semua yang saya sebutkan diatas ada pada tekhnik SEO, dan semua ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya nanti, untuk sobat yang mencari informasi lomba, akan segera saya update info lomba apa saja yang cocok untuk pemula, baik konten, semi seo maupun seo, jadi pertanyaan Bagaimana Cara Menghasilkan Uang lewat Blog ?  Sudah saya jawab, semoga bermanfaat