Awal Dari Sebuah Proses. Email, inilah kata pertama kali yang aku kenal ketika melihat seorang teman duduk manis disebuah warnet di pontianak, pada saat itu dunia internet belumlah sehebat dan terkenal seperti sekarang, tahun 1998 merupakan awal pertama kai aku berkenalan dengan dunia maya lewat seorang teman yang mengajarkan bagaimana caranya memabuat sebuah email, waktu itu masih mendominasi yahoo, aku sendiri tidak tahu apa fungsi dan tujuan dari emali tersebut, tetapi karena keinginan untuk belajar internet begitu kuat maka aku mempelajarinya tanpa perlu bertanya ini itu yang penting bisa.

Minimnya warnet dipontianak membuatku cukup pusing karena jarak warnet yang lumayan jauh dan juga teman yang mengetahui seluk beluk internet juga sangat jarang bertemu, membuatku memutuskan untuk menyewa sebuah buku di perpustakaan daerah, gratis hanya butuh uang awal daftar untuk kartu anggota, lumayan disini aku bisa meminjam buku tutorial tentang dunia internet khususnya email, yah karena hanya email yang aku ketahui saat ini, selebihnya masih gelap. Berbekal buku panduan inilah aku kemudian mempelajari dunia maya dari email, fungsi dan kegunaannya , sampai pada tahap lainnya dan akhirnya sampai pada dunia blogger pada tahun 2005 yang lalu, kemudian aktif sejak 2006 hingga 2009, kemudian vakum dan aktif lagi sejak tahun 2013 hingga sekarang.

Banyak juga sih suka dukanya, suka kita bisa mengenal Internet dengan luas mulai dari fungsi , tujuan dan kegunaan hingga penggunakan berbagai macam media dan tutorialnya, dukanya aku tidak punya seorang pengajar, hanya dengan berbekal buku pinjaman perpustakaan saja aku mengenal internet, sampai akhirnya aku berpetualang di dunia blogger, menjalin hubungan persahabatan dengan blogger diseluruh indonesia, berbagi pengalaman dan akhirnya bisa mengetahui dunia Blogging walaupun dalam skala terbatas.

Menjadi seorang Blogger bagiku sangat menyenangkan, kita bisa menulis apa saja yang menjadi inspirasi kita dan tentunya bisa bermanfaat bagi orang lain, setidaknya bisa menjadi tempat menuangkan segala pemikiran, ide atau hanya sebatas curhat. Banyak juga blogger yang menjadikan blognya sebagai ladang mendatangkan uang, ya tentu saja, blog merupakan sebuah media yang bisa kita manfaatkan untuk memperoleh penghasilan baik pasif maupun aktif, semua ini tergantung dari kemampuan kita sendiri dalam ngeblog.

Bagaimana cara  kita manfaatkan untuk menghasilkan uang lewat blog ? ada banyak caranya, misalnya dengan mengikuti program publiser yaitu menydiakan layanan pemasangan iklan di blog, biasa yang kita kenal dengan adsense, atau bisa juga membuka bisnis online seperti toko online, affliasi dan lainnya, bahkan bagi mereka yang punya skill menulis dan SEO bisa mengikuti kompetisi menulis dan SEO, semuanya tergantung darimana kita bisa melihat peluang yang ada pada diri kita sendiri.

So menjadi blogger tidaklah sulit bukan ? cukup kita membuat sebuah blog, isi dengan konten atau tulisan yang sesuai dengan yang kita inginkan, jalin persahabatan dan bukan tidak mungkin Awal Dari Sebuah Proses ini sobat blogger akan bisa menjadikan blog sebagai tempat untuk menghasilkan atau menambah pendapatan, salam blogger.