Mengenal Struktur Menu Di Blogspot . Sobat blogger, seblumnya kita telah mempelajari bagaimana Cara Menulis Atau Posting Di Blog , itu adalah tahap awal ketika pertama kali kita membuat blog, kenapa saya mengatakan itu merupakan tahap awal ? karena tanpa sebuah posting kita akan sulit menentukan karakter blog, dengan adanya tulisan atau artikel minimal 3 artikel saja kita sudah bisa dengan cepat beradaptasi dengan blog yang kita buat, jadi mengisi blog dengan postingan awal sangatlah diperlukan untuk selanjutnya mempelajari lebih mendalam pada blog yang kita buat.

Pada kesempatan kali ini saya mencoba membahas secara singkat Mengenal Striktur Menu Di Blogspot . Struktur menu pada blogspot terdiri dari 10 menu utama dan setiap menu akan ada sub menu yang berisikan informasi seputar kemajuan blog ataupun berisikan materi tata kelola blog, mengenal struktur blog sangat diperlukan agar kedepannya kita bisa mengoptimalkan blog yang kita buat agar mempunyai tampilan yang menarik pengunjung tidak saja pada tulisan yang kita buat tetapi pada keseluruhan tampilan desain yang ada, karena kunci utama selain artikel adalah tampilan blog yang mampu memberikan nuansa yang berbeda ketika pengunjung berada di blog kita.

Untuk itu disini saya akan memaparkan secara singkat pengenalan struktur menu pada blogspot, yang bisa sobat pelajari sebelum melangkah pada tahap berikutnya, yuk kita simak dan pekajari bersama :

seperti biasa silahkan sobat login terlebih dahulu untuk masuk pada dasboard blogger di http://www.blogger.com , seperti biasa kita akan melihat tampilan seprti dibawah ini :



Perhatikan gambar diatas, silahkan sobat klik menu yang bertanda panah kebawah, akan keluar menu menu utama, nah kita akan mulai masuk dan mengenal satu persatu menu tersebut, sulahkan sobat klik menu IKHTISAR , akan tampil menu utama dasbord seperti dibawah ini :


Menu IKHTISAR dalah menu informasi yang memberikan grafik perkembangan blog yang telah kita buat, yang berisi tentang jumlah tayangan baik dalam bentuk grafik maupun dalam bentuk angka seperti terlihat pada kotak sebelah kanan, disini juga kita mendapatkan informasi seputar blog seperti panduan dasar blog dan lain-lain.


Menu POS , menu ini berisi tentang informasi jumlah posting yang telah kita buat, status artikel dalam bentruk draff serta jumlah keseluruhan postring yang telah kita publikasikan, menu ini sudah kita bahas pada artikel sebelumnya Cara Menulis Atau Posting Di Blog



Menu LAMAN, menu ini sama dengan menu post hanya saja pada menu ini khusus berisi informasi tersendiri dan tidak akan tampil dalam posting utama, menu ini biasanya digunakan secara khusus untuk memposting data diri penulis blog, daftar isi blog atau berisikan link-link web-web tertentu yang akan kita pasang untuk memudahkan kita sewaktu waktu berkunjung ke website yang kita sukai.


Menu KOMENTAR , pada menu isi beisi informasi tentang jumlah komentar pada artikel tertentu, juga berisi pemberitahuan komentar yang menunggu persetujuan kita untuk diterbitkan, ini jika kita memakai setting moderasi komentar yang sengaja kita pakai, dimenu ini kita bisa menghapus komentar yang kita anggap kurang etis atau kurang sopan. sedangkan untuk membalas komentar yang ada cukup kita masuk pada artiikel yang telah dikomentari tersebut untuk membalasnya.

  

Menu GOOGLE+ , menu ini akan menghubungkan kita pada profil google+, google plus merupakan media sosial yang hampir sama dengan facebook, google plus sangat bermanfaat bagi blog karena kita bisa secara otomatis membagikan artikel kita di google, untuk maslah google plus ini akan kita bahas pada artikel tersendiri.


Menu STATISTIK, menu ini hampir sama dengan menu Ikhtisar diatas, bedanya pada menu ini disajikan secara lengkap tentang perkembangan blog kita mulai dari statistik penanyangan, geografi sampai pada artikel mana saja yang punya posisi tinggi yang paling banayk dikunjungi


Menu KAMPANYE , menu ini khsusu bagi blog yang ingin memperoleh penghasilan lewat layanan iklan adsense, mengenai pembahasannya akan dibahas pada artikel tersendiri nantinya, yang paling penting untuk saat ini adalah bagaimana mengoptimalisasikan keberadaan blog yang kita buat terlebih dahulu.


Menu TATA LETAK, menu ini termasuk menu utama blog karena disinilah kita bisa menyusun tata keloa tampilan blog, sebagai contoh sobat bisa melihat tampilan pada blog ini, perhatikan tampilan menu atas, kanan dan bawah, semua tampilan pada blog ini di atur dan dikelola dari menu Tata letak yang selengkapnya akan kita bahas pada pelajaran selanjutnya.


Menu TEMPLATE , menu ini juga termasuk menu utama pada blog, butuh sedikit ketelitian dan kemampuan minimal pada bahasa HTML, karena sedikit saja kita salah dalam melakukan edit html akan berakibat erornya tampilan blog, menu ini juga masuk dalam kategori optimasi onpage pada SEO dan  pembahasan ini akan ditempatkan tersendiri pada artikel berikutnya


menu SETELAN, menu ini merupakan menu dasar pengenalan SEO atau search engine optimalizer, menu ini masuk pada kategori optimasi onpage yang butuh perhatian khusus untuk mensetting menu menu tertentu yang ada pada SETELAN.

Nah bagaimana sobat, cukup jelas bukan ? penjelasan Mengenal Struktur Menu Di Blogspot ini hanya sekedar penjelasan dasar, pada bagian tertentu sobat pasti cukup paham apa yang saya maksud, sedang untuk menu menu tertentu seperti TATA LETAK, TEMPLATE dan SETELAN kan saya bahas lebih jauh dalam artikel tersendiri. Salam Blogger